TentanG makanan Khas
Makanan Khas Asal Bulukumba

Tentang Makan Bagi Orang Konjo Bumi Panritalopi Bulukumba

Diposting pada

Bumipanritalopi.com, Konjo – Bagi masyarakat Konjo yang ada di Bulukumba, memiliki bahasa sendiri, bagaimana bahasa sehari-hari termasuk tentang makan bagi suku ini, berikut akan kita bahas lebih lengkap.

Versi youtube dari artikel ini, ada pada link berikut:

Konjo TV

Tentang Makan dan Jenis Serta Waktunya

Dalam hal makan bagi orang konjo, maka berikut beberapa bagian yang harus kita ketahui:

  1. Nasi
  2. Sayur
  3. Air
  4. Kue

(Kanre) Nasi (Makanan Utama)

Nasi terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan jenis beras yang dipergunakan dan cara memasaknya, yaitu:

Songkolo Beras Ketan
Sejenis Songkolo dari beras Ketan (Foto:Marini)
  1. Nasi Beras Padi yang dimasak langsung, disebut “kanre”
  2. Beras Jagung merupakan sejenis nasi dari jagung, orang konjo mengenalnya dengan nama “kanre batara”. Terdiri lagi menjadi dua: yakni “berasa tuttu” (beras jenis kasar) dan ne’ne’ (beras halus) seperti tepung.
  3. Pahallung (bo’boro), merupakan jenis nasi dari beras padi yang dimasak dengan cara dandang
  4. Songkolo, merupakan jenis nasi yang berasal dari beras ketan (pare pulu’), jika beras putih maka penyebutannya adalah “songkolo”, sementara jika menggunakan beras ketan hitam namanya “songkolo pare pulu’ le’leng”
Tentang Makan, Songkolo
Sejenis Nasi beras (Foto: Detik)

Diantara keempat jenis tersebut, maka jenis nasi yang paling favorit bagi orang konjo adalah Ne’ne’ atau beras jagung halus. Meski bendanya sangat susah untuk didapatkan saat ini. Sebab sangat jarang yang mengkonsumsi lagi beras jagung sebab semua telah beralih ke beras padi.

Sejenis Nasi, (Pengganti Nasi)

Dari empat jenis nasi tersebut, juga terdapa beberapa jenis masakan yang bisa menjadi pengganti nasi:

  1. Lammang
  2. Burasa
  3. Katupa’
  4. Kampalo
  5. Gogoso
  6. Pallu Loka
  7. Bittahe
  8. Laminjaha

Lammang

Adapun Lammang itu bahasa Indonesianya adalah lemang, yang berasal dari beras ketan, dengan campuran santan, pada bambu, kemudian di bakar.

Lemang Atau Lammang
Lammang atau Lemang merupakan jenis makanan khas Bulukumba (Foto: merahputih)

Cara membuat lammang bagi orang Konjo Bulukumba adalah dengan langsung memasukkan beras kedalam bambu, tanpa memasaknya terlebih dahulu. Sebab pada daerah tertentu, ada yang membuat Lammang dengan cara memasak beras tersebut, untuk mempercepat proses kematangan.

Namun kelemahan cara dimasak terlebih dahulu tersebut adalah harumnya. Tentu berbeda.

Burasa

Selanjutnya, Burasa dalam bahasa Indonesianya adalah buras. Merupakan sejenis makanan yang paling mudah kita jumpai pada daerah Makassar hingga Bulukumba. Begitupun daerah konjo. Makanan ini menjadi salah satu makanan pengganti nasi dengan campuran sambel maupun dengan laut pauk lainnya.

Burasa Bulukumba
Jenis Burasa Asal Bulukumba

Hampir tidak ada yang berbeda cara memasak buras bagi kebanyakan masyarakat Bugis Makassar.

Katupa’

Katupa’ adalah ketupat. Hampir sama dengan semua jenis ketupat yang ada di tanah air. Hanya saja besarnya biasanya yang membedakan. Katupa’ dari daerah konjo biasanya menggunakan daun kelapa dan pandan. Dengan ukuran yang lebih besar (sama besar dengan kepalan tinju orang dewasa).

Kampalo

Kampalo dalam bahasa Indonesianya adalah Kampalo itu sendiri. merupakan jenis masakan dengan menggunakan beras ketan, yang terikat dengan daun bambu, lalu dimasak dengan air.

Kampalo asal Konjo Tentang makan
Sejenis Kampalo asalh konjo

Gogoso

Berbeda dengan kampalo, berikutnya adalah gogoso atau gogos, merupakan sejenis masakan dengan beras ketan terbungkus daun pisang. Kemudian selanjutnya dilakukan pembakaran. Berbeda dengan daerah lain, gogoso dari daerha konjo adalah tidak memakai “pakkambu”, atau isi dalam berupa daging-dagingan berupa daging sapi maupun ikan.

Gogoso' Tentang makan
Sejenis gogoso

Namun belakangan ini karena asimilasi budaya, akhirnya juga banyak yang memakai “pakkambu”.

Pallu Loka

Selanjutnya, Pallu loka atau pisang dimasak. Merupakan sejenis makanan masa lampau sebenarnya. Ketika itu daerah konjo ini kekurangan makanan dari beras (jagung atau padi). Maka mereka menggunakan pisang sebagai pengganti nasi.

Bittahe

Bittahe atau ubi kayu, merupakan salah satu makanan favorit orang konjo. Pada daerah tersebut, makanan ini menjadi salah satu makanan pengganti.

Laminjaha

Laminjaha atau ubi jalar merupakan salah satu makanan pengganti juga pada daerah Bulukumba Konjo yang ketika terjadi musim paceklik, maka jenis buah-buahan ini menjadi salah satu makanan favorit warga.

Tentang Makan Sayur (Utang)

Tentu jika makan maka membutuhkan utang atau sayur, orang dari suku Konjo paling suka makan sayur, adapun jenis sayur mereka adalah:

  1. Utang Keloro
  2. Utang Katote
  3. Kaliki
  4. Utang Bue
  5. Utang Paria
  6. Laminjaha

Sayur Utang Keloro

Utang keloro atau sayur kelor, merupakan sejenis sayur favorit orang konjo. Hanya dengan air sumur dan garam. Tanpa campuran apa-apa. Memakan makanan jenis sayur ini membuat anda berkeringat. Begitu nikmat dan lezatnya makanan ini.

Utang Keloro Sayur Kelor
Sayur Kelor, masakan asli orang Konjo (Sumber: Indtimes)

Masih ingat kan, jenis nasi favorit orang konjo yang kami jelaskan sebelumnya? Kanre Ne’ne’? Nah pasangannya itulah bernama utang keloro.

Utang Katote’

Utang katote’ adalah sayur daun kacang panjang. Jenis sayur ini adalah dengan mencampurkan daun dan buah kacang panjang. Hampir sama dengan keloro, sayur ini tidak membutuhkan banyak tambahan dalam pembuatannya. Cukup dengan daun sayur, buah kacang panjang, air dan garam.

Utang Katote, Sayur
Bahan Utang katote (sumber Foto: merdeka)

Utang Kaliki

Utang kaliki adalah sayur pepaya (muda). Jenis Utang kaliki ini bisa berdiri sendiri, maupun dengan menambahkan buah kacang panjang (tiboang) mau kacang hijau (bue keke). Biasanya ditambahkan dengan santan. Hmmmm enak ini.

tentang makan sayur pepaya utang kaliki
Sayur Pepaya atau Utang kaliki (Foto: Cookpad)

Utang Bue

Jenis utang bue ini atau sayur kacang adalah sejenis sayur dengan menggunakan kacang yang sudah tua. Berbeda dengan utang katote yang menggunakan sayur muda. Maka utang bue ini setelah kacang tersebut menua. Tentunya juga lezat dan enak

Tentang Makan Sayur
Utang Bue Atau Tiboang

Utang Paria

Sejenis sayur Pare, “utang paria”. Yang rasanya pahit

Utang Laminjaha

Laminjaha itu ubi jalar, jadi utang laminjaha adalah sayur ubi jalar. Juga dengan racikan orang konjo rasanya sangat lain dan beda. Tentunya juga sangat nikmat.

Demikian penjelasan mengenai makanan dan sayuran dari tanah konjo, jenis makanan lain akan kami bahas pada artikel lainnya.

Baca juga: Angnganre (Makan), 3 Jenis Dalam Bahasa Konjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *