Logo yayasan Ponpes
Logo Yayasan Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah Banyumas (Foto: Istimewa)

Ponpes Anwaarul Hidayah, 2 Dasawarsa Tetap Tangguh Dalam Bersaing

Diposting pada

Bumipanritalopi.com, Tana Panrita – Ponpes Anwaarul Hidayah, Bertempat pada Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas berdiri dengan tangguh Ponpes tersebut.

Selama hampir 2 Dasawarsa, pondok pesantren ini berdiri, dengan gagah berani melawan badai persaingan pendidikan yang ada sekarang.

Konsep membina anak yatim, dengan haqqul yaqin melekat pada pengurus yayasan dan juga civitas akademika dari ponpes tersebut.

Bagaimana tidak, dalam persaingan sekolah internasional dan islamic dengan biaya pendidikan yang “relatif” mahal. Ponpes tersebut bertahan dengan biaya pendidikan yang murah.

Maka pada prinsipnya, semua akan terlayani dengan baik, dan semua harus dengan usaha dan restu Ridha Allah SWT.

Arahkan Layar Pinisi Ke: Pidato Ala Santri, Mukadimah Terkeren, Contoh Ceramah

Profil Ponpes Anwaarul Hidayah

Kekar dengan kemampuan beradaptasi dalam berbagai zaman dan era. Itulah Ponpes Anwaarul. Berada pada sebuah Desa yang terbentang daratan yang hijau.

Masyarakatnya termasuk masyarakat yang masih memegang tegus nilai adat. Terutama dalam hal agama, mereka (penduduk desa) sangat memprioritaskan diri dalam hal agama.

Pada Dusun III berdiri pelan namun pasti akan memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan Negara dan Bangsa Indonesia dalam hal pembinaan agama. Pondok Pesantren dengan tujuan, membangunan sarana dan prasana untuk:

  1. Peningkatan Kualitas Keagamaan,
  2. Pembinaan Umat,
  3. Syiar Agama Islam, dan
  4. Menggalang Ukhuwatul Islamiyah.

Ada fitrah value, menjadi semua jihad dalam konteks agama, yakni membentengi generasi muda dari pengaruh budaya luar. Misi ini jelas berat sebab Teknologi komunikasi sangat pesat.

Meski demikian, tidak ada peluang untuk gentar dalam menangani persoalan bangsa.

Bagi Kyai Muslimin Samani, mencintai hamba Allah dengan ikhlas, termasuk mendidik mereka anak yatim piatu adalah sebuah rahmat dan ibadah.

Seperti itulah nilai fitrah terbangun dalam relung jiwa terdalam para pengurus ponpes ini. Ridho menjadi abdi bagi agama, bangsa dan negaranya.

Legalitas Pondok Pesantren

Taat azas hukum, hidup pada negara hukum Indonesia, maka kepadanya melekat setiap lembaga dan organisasi untuk tunduk pada azas hukum yang berlaku.

Begitupun dengan Yayasan Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah yang berlokasi pada sudut jalan Lingkar Utara, terusan dari jalan Rambutan dan dekat dengan Jln Gunung Muria tersebut, telah mengantongi berbagai izin penyelenggaraan.

Yakni Izin Yayasan: berdasarkan Kepmenkumham (Keputusan Menteri Hukum Dan HAM) RI.  No. : AHU – 5198.AH.01.04. Tahun 2012.

Pondok pesantren menyelenggarakan berbagai kegiatan pendidikan dengan muatan Intrakokurikuler dan Ekstrakokurikuler.

Adapun target pembelajaran:

  1. Hafal Nadzom ‘Imrithi dan Jurumiyya
  2. Tahun pertama: hafal Juz Amma,
  3. Minimal hafalan 250 bait Alfiyah Ibn Malik,
  4. Membaca kitab kuning dengan baik,
  5. Berbahasa Inggris dan Arab dengan baik.

Tidak hanya sampai itu, tapi juga terdapat pembelajaran ekstra kokurikuler, yang tidak kalah menariknya, yakni:

  1. OSIM (organisasi Siswa Intra Madrasah),
  2. Pramuka,
  3. PMR,
  4. Seni baca AlQuran,
  5. Pagarnusa (beladiri),
  6. Kaligrafi,
  7. Hadro,
  8. Doodle Art,
  9. Kegiatan Olahraga Islami

Ada banyak kegiatan positif untuk meningkatkan aktifitas Islami dalam pondok pesantren. Tentunya bertujuan membina peserta didik yang baik untuk berguna bagi bangsa dan negara.

Pendirian Asrama Yatim Piatu

Sejarah telah mencatat bahwa Ponpes ini berhasil merancang sebuah Asrama untuk anak yatim piatu. Tepatnya pada tahun 2012 atau 19 tahun silam.

Misinya, untuk pengabdian, dengan memberikan ruang ibadah kepada masyarakat luas dalam memberikan andil membangun Agama dan Bangsanya.

Gotong Royong dalam kebajikan dan membina umat. Menuju Ridho Allah SWT

Pengembangan Ruang Kelas

Syurga tidak bisa hanya milik orang Ponpes Anwarul Hidayah. Tapi juga dalam hal peluang, umat muslim memiliki hak yang sama.

Untuk hal tersebut, maka terbuka bagi yang jauh dari jangkauan Ponpes ini untuk menanamkan Amal Jariyah. Pada akhirnya semua akan menjadi tonggak sejarah perjalanan menuju Ridha Allah SWT.

Pembangunan PONPES ANWAARUL HIDAYAH
Pembangunan Lanjutan Ponpes Anwarul Hidayah Banyumas (Foto: Ayu.M)

Saat ini sementara dalam tahap pembangunan, ruang kelas dan perbaikan keramik kelas yang selama ini menggunakan lantai semen tembok. 

Untuk donasi jariyah, silahkan ke rekening 6833-01-018673-53-1, Atas Nama Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah.

Jika seorang manusia mati, terputus darinya ‘amalnya kecuali dari 3 (perkara) : Shodaqoh jariyah, atau ‘ilmu yang bermanfa’at, atau anak sholeh yang berdo’a baginya”. (HR. Muslim 14-(1631))

Sabda Rasulullah SAW

Demikian artikel tentang profil Pondok Pesantren Anwarul Hidayah, semoga rezeky para donatur yang berderma semakin berkah, Amin Ya Rob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *