Indonesia sebagai Poros aritim Dunia
Kekayaan Alam Laut Indonesia, Dengan Budaya Maritim sebagai Negara Kepulauan (Foto: Rakyatruku.com)

Indonesia Negara Maritim, Poros Dunia Dan Potensi Alam Di Dalamnya

Diposting pada

Indonesia yang luas, dengan lautan luas, serta garis pantai terpanjang dunia. Konvensi UNCLOS tahun 1982 menyebutkan bahwa Indonesia Negara Maritim.

Bumipanritalopi.com, Benua Maritim – Menyebut Indonesia yang tahun ini akan merayakan Hari ulang tahunnya yang ke 75. Maka terbayang dalam benak orang luar sana. Bahwa Negara (Indonesia) tersebut adalah Negara dengan potensi maritim yang sangat luar biasa.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2019, mencapai 16,1 Juta turis. Berkunjung ke Negara yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945. Oleh Soekarno – Hatta.

Kunjungan Wisata Mancanegara Ke Negara Maritim Indonesia
Tabel Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2018 – 2019 (Foto: Kemenparegraf.go.id)

Kunjungan tersebut menjadi dasar, kementrian pariwisata membuat target tahun 2020 menjadi 17 juta kunjungan. Meski diperkirakan bahwa target tersebut akan meleset jauh karena invasi korona secara global.

Data kementrian pariwisata menyebutkan, bahwa per Februari 2020 – Agustus 2020. Terjadi penurunan tajam kunjungan pariwisata.

Hal ini terlihat, bahwa ketika bulan Desember mencapai 1,3 Juta kunjungan. Namun memasuk februari turun drastis hanya 150.000 wisatawan. Pembatasan interaksi sosial berlaku global memiliki pengaruh yang sangat signifikan.

Dari kunjungan wisatawan tersebut, mayoritas kunjungan mereka adalah mengunjungi wisata pantai. Dengan Keindahan laut Indonesia yang memiliki kesan luar biasa.

Sektor Pariwisata, Hal itu baru satu sektor dalam hal kemaritiman, belum masuk ke sektor lainnya, mengenai kekayaan yang ada didalamnya.

Sebab kajian Budaya Maritim, mencakup laut dan isinya, pinggir pantai dan keindahannya. Termasuk kehidupan pesisir dan budaya dipantai yang sangat beragam.

Alasan Indonesia Menjadi Negara Maritim

Menyebutkan bahwa Indonesia sebagai Negara Maritim Dunia, bukan tanpa alasan. Tapi melihat kondisi geografis Negara terbesar didunia tersebut, dunia tidak bisa membantah.

Bahwa negara ini memilik beberapa Fakta, sebagai Negara Kepulauan:

  1. Jumlah pulau mencapai lebih 17.000,
  2. Garis pantai terpanjang dunia, mencapai hampir 100.000 Km,
  3. Teritorial Indonesia dengan luas 8,2 juta Kilometer, Lautan : 6,5 juta Km, Daratan 1,7 Juta Km. (Luas lautan 2/3 dari total luas Nusantara)
  4. Terumbu karang Terluas di Asia Tenggara, yakni 40.000 Km, atau menyumbangkan 17% dari luas terumbu karang dunia,
  5. Hutan Mangrove terluas mencapai 3,2 juta. Tersebar luas di pantai Sumatera, Kalimanta dan Papua (50%),
  6. Fakta produksi ikan terbesar diseluruh dunia mencapai rata-rata 9,93 Juta ton,
  7. Jumlah kapal terkecil terbanyak dunia, mencapai 1 juta kapal beroperasi diseluruh laut Indonesia,

Kekayaan Laut Indonesia, dan menjadikannya sebagai Negara Maritim adalah:

Ikan yang melimpah, Luas dan Garis pantai yang terpanjang, Hasil budaya penduduk pesisir dengan cara tangkap tradisional. Karya cipta perahu dari berbagai daerah. Terutama Perahu Pinisi dari Bumi Panrita Lopi yang melegenda.

Budaya dan pariwisata pantai, tidak ada habisnya dari pembahasan sebagai sebuah bahasan menarik. Indonesia memiliki kakayaan yang tidak ternilai.

Sehingga program pemerintah secara Nasional, menjadi salah satu kajian penting diberbagai sektor adalah mentransformasikan dengan sektor maritim.

Misalnya: pendidikan, dari semua jenis, diinstruksikan untuk membuat kurikulum yang dikaitkan dengan kemaritiman. Contoh: Pendidikan Olahraga, Apa hubungan pendidikan olahraga dengan kemaritiman?

Maka jawabannya adalah olahraga dayung, olahraga menyelam dan sebagainya. Kajian itu menjadi salah satu mata kuliah, untuk diteliti dan dikembangkan.

Atau contoh lain, Pendidikan Sosial, ketika dikaitkan dengan budaya kemaritiman, maka akan membahas tentang kehidupan sosial masyarakat pesisir.

Indonesia menyadari potensi kemaritiman yang dimiliki, sehingga mengkoneksikan dengan seluruh dimensi keilmuan tanah air.

Sebagai Poros Utama Maritim Dunia

Indonesia menempati posisi kemaritiman sebagai poros utama didunia, karena beberapa alasan. Kondisi geografis Indonesia sangat strategis dalam jalur laut.

Hal itu disebabkan oleh, perbatasan laut Indonesia dengan 10 Negara:

  1. Berbatasan Dengan Negara India (Landas Kontinen, Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)),
  2. Berhubungan dengan Negara Tetangga Thailand (Landas Kontinen, ZEE),
  3. Berbagi Laut dengan Malaysia (Laut Wilayah, ZEE, Landas Kontinen),
  4. Memliki koneksi laut dengan Singapura (Laut Wilayah),
  5. Batas Vietnam (Landas Kontinen, ZEE),
  6. Menuju ke Filipina (ZEE, Landas Kontinen),
  7. Negara Palau (ZEE, Landas Kontinen),
  8. Dari Papua menyeberang batas dengan Papua Nugini (ZEE , Landas Kontinen),
  9. Berbatas dengan Bekas Provinsi bagian Timor Leste (Laut Wilayah, Landas Kontinen, ZEE) dan
  10. Negera dibagian Selatan Indonesia, Australia (ZEE, Landas Kontinen).

Kondisi Indonesia yang ada ditengah (dilalui garis khatulistiwa, dengan Letak astronomis. Lintang 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan).

Lautan yang luas menjadi lalu lintas transportasi laut. Dari berbagai Negara. Menjadikannya sebagai Poros utama Maritim Dunia.

Bumi lain: Pelabuhan Laut Terbesar Dan Teramai Di Asia Tenggara Di Negara Ini

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *