Pelabuhan laut Terbesar dan Teramai
Pelabuhan Singapura Sebagai, Sebagai pelabuhan Dengan Petikemas Terbesar Dunia (Foto: Misterkksportir.com)

Pelabuhan Laut Terbesar Dan Teramai Di Asia Tenggara Di Negara Ini

Diposting pada

Pelabuhan laut terbesar dan teramai di Asia Tenggara berada di Negara Singapura, urutan kedua dunia setelah Pelabuhan shanghai China.

Bumipanritalopi.com, Benua Maritim – Pelabuhan Shanghai, China – Tiongkok. Memiliki andil 25% atas jasa pertukaran ekonomi 25% dunia. Atau terbesar diseluruh dunia.

Dari 10 Pelabuhan dengan status paling ramai dan paling sibuk, Ternyata 70% ada di Negara China. Seperti Shouzhan, Zhensen dan sebagainya. Hanya dubai dan Singapura yang mencampuri dari Negara lain. Terhadap juara Pelabuhan teramai dunia.

Hal ini semakin menunjukkan bahwa China fokus pada pengembangan ekonomi. Telah mampu menguasai transportasi laut sebagai salah satu target jalur transportasi pengiriman barang keluar negeri.

Pelabuhan Laut Terbesar Di Asia Tenggara

Meskipun Indonesia merupakan Negara Kepulauan, namun dalam hal kesibukan dan ramainya pelabuhan. Pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia, masih kalah jauh dari Negara Singapura.

Berikut Profil Pelabuhan Negara Singapura:

Pelabuhan Singapura ini sempat menduduki peringkat tertinggi dalam daftar teramai dan terbesar. Hingga tahun 2010.

Saat ini masih menjadi pelabuhan laut terbesar dan teramai di Asia Tenggara. Hanya saja beberapa tahun terakhir, posisinya tergeser oleh China. Yang terus melakukan perubahan kebijakan dalam negeri untuk pengiriman barang keluar negeri.

Meski begitu, Pelabuhan Singapura sangat strategis di Asia Tenggara.

Negara kecil yang makmur dengan menjadi tempat transit perdagangan, dengan menghubungkan negara di dunia sebanyak 130 negara. Serta melakukan koneksi dengan 700 pelabuhan.

Dari data yang dikumpulkan, dimana pelabuhan Singapura pada tahun 2016, memiliki Volume peti kemas pada 2016: 30,9 juta TEU.

Dan dengan Nilai kargo dalam satu hari pada tahun 2016: sebanyak 593,3 juta ton. Bisa dibayangkan bagaimana luas pelabuhan dan bagaimana ramainya proses transaksi ekonomi dipelabuhan tersebut.

Tidak hanya itu, pelabuhan Singapura juga menangani 2 juta peti kemas berpendingin (refrigerated container) pada 2016. Untuk pengiriman barang dengan isi barang yang membutuhkan perawatan khusus.

Menjadikan Negara Singapura sebagai pelabuhan peti kemas berpendingin (refrigerated container) paling besar di dunia.

Hal ini menunjukkan, bahwa Negara Singapura berjaya di transportasi laut dalam hal pemanfaatan pelabuhan untuk pengiriman barang antar negara.

Bebua Maritim: Daftar Nama Pantai Terindah Sulawesi Dan Laut Di Pulau Sulawesi, Laut Jernih Dan Pasir Putih Lembut

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *