Mencetak Pelaut Ulung
Pelaut Profesional, berbaris di atas kapal (Foto: Riauaktual.com)

Upaya Mencetak Pelaut Profesional, AMC Dan AKMI Hadir Sebagai Jawaban

Diposting pada

Indonesia memiliki bentangan laut yang luas. Sehingga terdapat upaya Untuk Mencetak Pelaut Profesional Secara Akademis, AMC dan AKMI Hadir Sebagai Jawaban.

Bumipanritalopi.com, Benua Maritim – Tanpa henti, Negara memberikan dorongan kepada seluruh sektor. Dalam hal pemberdayaan hasil laut dan budaya yang ada didalamnya.

Terutama dalam kesinambungan dan penelitian mengenai berbagai hal tentang kelautan. Maka di Di Indonesia Terdapat beberapa Akademi atau Sekolah Tinggi yang khusus membina mahasiswa. Untuk persiapan menjadi generasi yang menguasai ilmu tentang kelautan dan transportasi kelautan.

Negeri Pelaut Ulung, menjadi simbol pada bangsa Indonesia yang melekat, diseluruh Nusantara. Sebab teridentifikasi bahwa alam telah menciptakan mereka dan alam mencetak mereka menjadi pelaut profesional.

Kondisi perubahan kehidupan masyarakat, oleh serangan teknologi yang meningkat. Menyebabkan sektor kelautan mengalami penurunan proses regenerasi.

Hal itu terjadi karena peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat pesisir, sehingga anak pelaut menuntut pendidikan. Dan tidak lagi bekerja sebagai pelaut.

Dengan hal demikian, maka dilakukan upaya tetap menghasilkan luaran pelaut. Untuk membudidayakan kelautan nusantara. Melalui pendidikan tinggi.

Daftar Kampus Untuk Mencetak Pelaut Profesional

Berikut ini dirangkum, sekolah yang mencetak pelaut ulung secara akademis. Dalam hal penyebutan, Sekolah Tinggi/Akademi Pelayaran atau Maritim Yang ada di Jawa Barat dan dibeberapa daerah ditanah air:

#1 Akademi Maritim Cirebon

Akademi Maritim Cirebon, merupakan akademi yang membina mahasiswa sejak tahun 1986. Telah dianggap sebagai akademi maritim yang sukses menghasilkan alumni. Yang tersebar di berbagai perusahaan, baik didalam maupun diluar negeri.

Akademi Maritim Cirebon mengantongi Izin pendirian Nomor 134/D/O/1993 Dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Serta SK Pusat Pendidikan dan Latihan Perhubungan laut RI No. 165/DL.206 PDL 1991.
Saat ini telah Terakreditasi BAN PT Nilai B. Sehingga dalam hal pencarian kerja di Instansi Pemerintah untuk status PNS, tidak ada kendala dari seluruh perizinan resmi.

Adapun jurusan dalam Akademi Maritim, adalah:

  1. Nautika
  2. Teknika

Diasuh oleh tenaga Kependidikan (strtuktura), sebanyak 41 orang. Dengan bertindak sebagai Kapten pada akademi tersebut adalah Andres Romulus, MM, ATT II.

Untuk bergabung menjadi Mahasiswa Baru, silahkan Klik: Formulir Pendaftaran AMC

Brosur Pendaftaran Akademi Maritim Indonesia,  Mencetak Pelaut Profesional
Brosur Pendaftaran Dan Biaya Masuk di Akdemi Maritim Cirebon (AMC) 2020 – 2021 (Foto:AMC.ac.id)

Atau datang langsung ke Jln Dukuh Semar No.1 Cirebon, akan anda temukan bangunan kampus yang megah. Untuk membina para pelaut handal di laut Indonesia.

Alamat wesite resmi, https://Amc.ac.id

#2 Akademi Maritim Suaka Bahari, Cirebon

Masih di daerah Cirebon, Jawa Barat. Setahun setelah berdirinya Akademi Maritim Cirebon, berdiri kompetitor untuk pendidikan pelaut profesional. Resmi pada 26 Desember 1987.

Yakni Akademi Maritim Suaka Bahari, di Kota Cirebon. Dengan jumlah cetakan lulusan hingga saat ini, sebanyak 3000 orang. Membina 3 Program Studi, yakni:

1. Nautika
2. Teknika
3. Ketatalaksanaan pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan

Dengan Izin-izin sebagai berikut:

  1. Direktur jenderal Dikti a) No. : 3157/D/T/2003 Tgl 27 oktober 2003 Nautika (10240) b) No. 3158/D/T/2003 Tgl 27 oktober 2003 Prodi Teknika (10241); c) No. 3159/D/T/2003 Tgl 27 oktober 2003 Prodi KPN (21060)
  2. Terakreditasi, sesuai SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 276/DIKTI/Kep./1994 PS Nautika, Teknika dan PS KPN no. 53/DIKTI/Kep./1995 program Pendidikan Diploma III.
  3. Akreditasi BAN-PT Untuk PS Nautika, Teknika dan KPN no. 117/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/V/2014 Tgl 3 Mei 2014.

Beberapa pengakuan yang telah ditorehkan: AKMI mengantongi Sertifikat ISO 9001:2008 oleh PT. Sucofindo International Certification Services.

AKMI Cirebon
Salah Satu Unit Kegiatan Mahasiswa di AKMI Cirebon (Foto: Akmicirebon.ac.id)

Dalam pendirian kampus ini, mengemban Visi yang futuristik:

Visi AKMI

Terwujudnya Akademi Maritim (AKMI) Suaka Bahari Cirebon menjadi Lembaga Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Kemaritiman dengan taraf Nasional serta Internasional.

Untuk bergabung dengan kampus AKMI Cirebon, silahkan datang ke alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 156 Ciperna, Atau menghubungi Website: Akmicirebon.ac.id

Selain dari 2 Akademi tersebut diatas, Di Pulau jawa terdapat beberapa Pergurun Tinggi untuk mendidik para calon pelaut, Yakni:

Provinsi Banten

Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang
Akademi Maritim Guna Nusantara, Cilegon

Jakarta

Balai Besar Pendidikan, Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran, Jakarta
Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut
Sekolah Tinggi Ilmu Maritim AMI, Jakarta
Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya,
Akademi Maritim Djadajat
Akademi Maritim Pembangunan

Jawa Barat

Akademi Maritim Cirebon, Cirebon
Akademi Maritim Suaka Bahari, Cirebon

Jawa Tengah

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Semarang
Sekolah Tinggi Maritim dan Transport AMNI Semarang
Akademi Maritim Nusantara Cilacap
Akademi Pelayaran Nasional Surakarta, Solo
Akademi Pelayaran Niaga Indonesia, Semarang

Yogyakarta

Akademi Maritim Yogyakarta
Akademi Maritim Ganesha Yogyakarta
Akademi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Bahtera, Yogyakarta

Jawa Timur

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Surabaya

Demikian artikel tentang beberapa kampus untuk Mencetak Pelaut Profesional ditanah air. Dan berpengabdian kepada bangsa. Sebagai keturunan dari leluhur pelaut ulang.

Bumi Lain: Suku Pelaut, Penakluk Ulung Lautan, Perahu Pinisi Melegenda Hingga Ke Manca Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *