Teknologi Komunikasi
Hubungan Prestasi Anak Dengan Teknologi Komunikasi (Foto:Seruni.Id)

Teknologi Komunikasi Berpengaruh Terhadap Penurunan Prestasi Anak!

Diposting pada

BumiPanritalopi.com, Budaya – Sekarang ini perkembangan teknologi komunikasi sangatlah pesat, salah satu perkembangan teknologi yang paling pesat adalah perkembangan pada bidang telekomunikasi.

Kehidupan manusia mungkin akan sangat sulit apabila dipisahkan dengan teknologi komunikasi yang ada saat ini, dan bahkan mustahil terjadi.

Hal itu karena saat ini hampir semua aktivitas manusia tidak dapat untuk terlepas dari teknologi komunikasi. Karena hal tersebut sangat membantu manusia untuk memudahkan hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain.

Peranan Teknologi Komunikasi Dalam Memudahkan Kehidupan Manusia

Contoh peranan positif yang sudah sering kita rasakan dari perkembangan tersebut contohnya adalah untuk menghubungi seseorang yang lokasinya jauh.

Bahkan kita bisa berkomunikasi tatap muka (Video Call) dengan orang lain berkat kecanggihan dari perkembangan tersebut saat ini.

Teknologi Terbaru Berubah Setiap Waktu
Teknologi Dan Prestasi Dari Anak (Foto: Unsplash.com)

Pada sisi lain hal itu juga memiliki dampak negatif apabila kita tidak bisa menggunakannya secara tepat dan benar sehingga akan lebih banyak berdampak buruk.

Contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi komunikasi adalah dapat menyebabkan penurunan prestasi pada anak.

Penurunan Prestasi Anak Karena Teknologi Komunikasi

Mungkin sedikit orang yang menyadarinya jika itu bisa menjadi penyebab utama terjadinya penurunan pada prestasi anak – anak. Pastinya banyak orang yang akan menolak pendapat tersebut jika teknologi komunikasi dapat menurunkan prestasi anak.

Sebagian besar beranggapan jika itu justru akan memudahkan anak untuk meningkatkan prestasinya. Memang benar hal tersebut jika teknologi komunikasi dapat meningkatkan prestasi anak.

Namun itu hanya akan tercapai apabila anak – anak dapat dengan tepat menggunakan teknologi yang mereka miliki untuk hal – hal yang bermanfaat. Misalnya adalah mereka menggunakan smartphone untuk mencari informasi pelajaran sekolah di internet yang mereka belum paham.

Baca juga: Bijaknya Ammatoa, Untuk Pilkada Bulukumba

Kenyataan Jika Teknologi Menurunkan Prestasi Anak

Namun bisa kita lihat kenyataannya disekitar kita, anak – anak lebih sering menggunakan gadget yang mereka miliki untuk hal yang kurang bermanfaat.

Kita pasti lebih sering melihat anak – anak sedang bermain game dan membuka situs youtube untuk menonton video tidak bermanfaat daripada mereka gunakan untuk belajar.

Tentu hal tersebut bukannya membuat anak – anak menjadi memiliki prestasi yang baik justru sebaliknya menjadi menurunkan prestasi anak.

Mereka akan membuang – buang waktu yang mereka miliki untuk kegiatan yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Jika itu terjadi, anak – anak juga bisa menjadi kecanduan dan malas untuk belajar yang dimana itu kewajiban mereka.

Mengatasi Pengaruh Teknologi Komunikasi dan Penurunan Prestasi Anak

Kita sebagai orang dewasa terutama orang tua memiliki kapasitas untuk mengatasi pengaruh teknologi komunikasi dan penurunan prestasi anak.

Anak – anak harus selalu kita pantau dan kita kontrol ketika menggunakan gadget yang mereka miliki supaya tidak berdampak buruk pada diri mereka ataupun orang lain.

Mengarahkan Penggunaan Teknologi Komunikais Oleh Anak

Sebagai orang dewasa kita harus mengarahkan penggunaan teknologi tersebut ke arah yang lebih tepat sehingga tidak akan berdampak menurunkan prestasi anak, justru sebaliknya.

Jika penggunaan teknologi komunikasi oleh anak kita arahkan untuk sesuatu yang tepat, hal tersebut pasti tidak akan berdampak negatif justru akan berdampak positif.

Mengatur dan Membatasi Waktu Penggunaan Teknologi Komunkasi Oleh Anak

Hal lain yang dapat orang dewasa lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membatasi waktu anak bermain smartphone.

Selain itu, kita juga bisa membuat dan mengatur waktu belajar anak yang wajib untuk anak tersebut tepati sehingga prestasi anak tidak akan menurun.

Itulah mengapa perkembangan teknologi komunikasi dapat berpengaruh terhadap penurunan prestasi anak. Jadi kita sebagai orang dewasa harus memiliki peran yang aktif untuk mengarahkan anak dalam penggunaan segala aktivitasnya ke arah yang lebih positif dan bermanfaat.

Baik seperti itu artikel dari Beritaku.id kali ini, mudah – mudahan artikel tersebut dapat bermanfaat untuk para pembaca Beritaku.id. Terimakasih.

Baca juga: Azzuhri Terhadap Ilmu, Lebih Kuat Dari 3 Wanita

Sumber lain: Parenting.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *