Istana Kerajaan Tertua Dunia Dan Indonesia
Istana Kerajaan Kutai Sebagai Kerajaan Tertua Indonesia (Foto:Kemendikbud.or.id)

Istana Kerajaan Tertua 6000 Sebelum Masehi Di Dunia Dan Indonesia

Diposting pada

Bumipanritalopi.com, Budaya – Sebelum terbentuknya negara, maka terbentuk kerajaan sebagai bagian peradaban tertua, dengan istana yang pernah berjaya pada masa sebelum masehi.

Terbentuknya sebuah negara adalah suatu hal yang sangat bersejarah karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus melewati berbagai peristiwa.

Sebuah negara tidak dapat langsung terbentuk dengan begitu saja melainkan ada proses bersejarah lainnya yang terjadi terlebih dahulu.

Misalnya sebelum berdiri sebuah negara, suatu wilayah tersebut merupakan wilayah beberapa kerajaan.

Negara-negara di dunia memiliki usia yang berbeda-beda karena ada yang sudah lama berdiri dan ada yang belum lama berdiri.

Contohnya usia negara Belanda tentu akan berbeda dengan Indonesia karena negara Belanda lebih dahulu terbentuk dari negara Indonesia.

Pada dasarnya peradaban manusia sudah lama terbentuk setelah manusia mulai menetap pada suatu tempat atau meninggalkan sistem nomaden.

Beberapa manusia yang tinggal pada suatu daerah lama-lama akan berkembang menjadi kota lalu akan berkembang menjadi sebuah bangsa dan negara.

(Layarkan Pinisi ke Kerajaan Sriwijaya, Dengan 6 Peninggalan)

Negara-negara tertua di dunia tentu tersebar di seluruh dunia.

Lalu negara manakah yang termasuk negara tertua di dunia?

Negara Tertua di Dunia

Terdapat Negara tertua di dunia, sebab sebelum adanya neara-negara seperti yang ada sekarang, maka ada terlibih dahulu, negara awal yang terbentuk, yakni:

1. Mesir

Mesir merupakan negara paling tua di dunia karena dinasti pertama Mesir berdiri ada sejak tahun 3100 Sebelum Masehi.

Peninggalan Negara Mesir Dari Kerajaan Tertua (Foto: Sejarah Negara)

Bahkan peradaban Mesir sudah ada sejak 6000 tahun Sebelum Masehi. Peradaban Mesir bermula ketika sekumpulan orang mulai menetap di Lembah Sungai Nil.

Awal mula berdirinya dinasti di Mesir adalah ketika diperintah oleh Raja Menes. Raja Menes mempersatukan hulu dan hilir Mesir sehingga dapat memiliki kendali kekuasaan pada sepanjang Sungai Nil.

Dinasti Mesir berlangsung sangat lama. Mesir modern baru berdiri pada tahun 1953 setelah terjadi Revolusi Mesir pada tahun 1952

2. Cina

Cina merupakan sebuah negara yang cukup terkenal dengan sejarahnya. Dinasti Xia merupakan dinasti tiongkok pertama yang berlangsung sekitar 2070-1600 Sebelum Masehi.

Banyak peninggalan Dinasti Xia yang ditemukan sehingga memperkuat keberadaan Dinasti Xia.

Namun sejarah menulis bahwa dinasti pertama Tingkok adalah Dinasti Shang yang berlangsung pada 1600-1046 Sebelum Masehi.

Dinasti Tiongkok terus berlangsung pada tahun 1912 pada saat Dinasti Qing berakhir. Pada tahun 1949 Republik Rakyat Tiongkok berdiri.

3. India

Peradaban di India sudah ada sejak tahun 3300 Sebelum Masehi. Pada saat itu banyak orang yang tinggal di Lembah Indus.

Akan tetapi awal mula bangsa India ada dengan Periode Weda sekitar 1500-600 Sebelum Masehi. Kerajaan pertama kali terbentuk di India pada tahun 1200 Sebelum Masehi.

India modern berdiri pada tahun 1947 dengan memperoleh kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris

Negara Tertua di Dunia Menurut Islam

Ada banyak versi mengenai negara mana yang tertua di dunia. Bahkan Islam pun memiliki versi yang berbeda mengenai negara tertua di dunia.

Sama seperti kisah Rasul, Islam juga memiliki kisah mengenai kerajaann. Negara Islam tertua di dunia menurut Islam adalah negara Mesopotamia.

Negara Mesopotamia berdiri sejak tahun 5000 Sebelum Masehi. Alasan mengapa negara ini menjadi negara tertua menurut Islam yaitu dalam negara ini terdapat suku-suku tertua di dunia yang ada sejak evolusi manusia.

Di negara Mesopotamia, masyarakat beradap mulai terbentuk. Masyarakat Mesopotamia sudah mengenal konsep pertanian dan seni.

Masyarakat Mesopotamia tinggal di antara dua sungai yaitu sungai Tigris dan Eufrat. Wilayah negara Mesopotamia saat ini bisa kita kenal dengan negara Irak. Mesopotamia tempat berdiam beberapa suku yaitu:

1. Bangsa Ubaid

Adapun Bangsa Ubaid merupakan bangsa yang sangat berjasa dalam pertanian karena merekalah yang memperkenalkan pertanian.

Bangsa Ubaid sebagian besar mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan bertani. Bangsa Ubaid sudah memiliki kepercayaan karena memiliki bekas peninggalan tempat ibadah.

2. Bangsa Sumeria

Setelah bangsa Ubaid punah, bangsa Sumeria mengembangkan pertanian dengan memberikan beberapa inovasi.

Bangsa Sumeria memiliki kebudayaan yang lebih maju di bandingkan Bangsa Ubaid. Bangsa ini berhasil menciptakan irigasi sebagai sebuah inovasi dalam pertanian.

Selanjutnya, Bangsa ini juga berhasil membangun perkotaan. Bangsa Sumeria juga telah memiliki kepercayaan. Mereka sudah mengenal adanya dewa. Hal ini dapat di ketahui dari adanya peninggalan kuil.

3. Bangsa Akkadia

Dimanakah keberadaan Bangsa Akkaida?

Bangsa Akkaida merupakan bangsa keturunan Semit yang berdiri oleh Sargon I. Bangsa Akkaida berhasil menguasai sampai Mesopotamia bagian bawah.

Mereka juga berhasil mengalahkan bangsa Sumeria sehingga mau tunduk kepada pemerintah bangsa Akkaida. Akan teapi kejayaan bangsa Akkaida tidak berlangsung selamanya.

Pada tahun 2230 Sebelum Masehi, Dinasti Sargin I kalah dari Gutaean sehingga bangsa Akkida dan bangsa Sumeria harus tunduk kepada orang-orang Gutaean.

4. Bangsa Amoriah

Sama seperti bangsa Akkaida, bangsa Amoriah juga merupakan bangsa keturunan Semit. Selain di kuasai oleh orang-orang Gutaean, bangsa Akkida juga runtuh karena kedatangan bangsa Amriah yang berhasil merebut wilayah sungai Eufrat sampai Tigris.

Pada saat itu, area sungai tersebut berada di bahwa pimpinan Hammurabi. Hammurabi terkenal karena berhasil membuat undang-undang hukum paling tua di dunia. Setelah bangsa Amoriah menguasai tanah tersebut, tanah itu di beri nama Babilonia.

Kerajaan tertua Dan Istana Kekuasaan Dunia 6000 Sebelum Masehi

Istana Kerajaan sebagai sebuah istana Tertua, terdapat pada beberapa daerah, yakni:

1. Istana Tertua, Kerajaan Kekaisaran Maurya

Kekaisaran Maurya pertama kali berdiri oleh Chandragupta Maurya dan Chanakya. Pada usianya yang ke 20 tahun, Chandragupta Maruya berhasil mengalahkan kekaisaran Nanda.

Sehingga dia naik takhta dan memulai kekaisarannya. Wilayah kekuasaan Marutya pada saat itu membentang di bagian utara India.

Pada tahun 305 Sebelum Masehi, Chandragupta Maurya menambah wilayah kekuasaan ke bagian barat India dengan cara menaklukan Kekaisaran Seleukia. Yang pada saat itu diperintah oleh Seleukos I Nikator.

Chandragupta Maruya terus memperluas wilayah hingga mencakup hampir seluruh wilayah India modern. Pada masa puncak kejayaannya, Kekaisaran Maruya memiliki 60 juta rakyat sehingga menjadikannya sebagai pemerintah yang cukup dominan di bumi. Tertua sebagai sebuah kerajaan kuat pada daratan India, dengan istana kekaisaran yang pernah menjadi terkuat.

2. Kerajaan Baru Mesir

Selain menjadi salah satu negara tertua di bumi, Mesir juga menjadi salah satu kerajaan tertua di dunia, lengkap istana dan kekuasaan.

Kerajaan Baru Mesir ada sejak 1550-1077 Sebelum Masehi. Pada masa Kerajaan Baru Mesir, Mesir mencapai puncak kejayaan.

Mesir melahirkan pemimpin-pemimpin terkenal yaitu Thutmose III, Amenhotep III dan Tutankhamun. Keberadaan Kerajaan Baru Mesir di tandai dengan beberapa bangunan yang mengesankan yaitu makam berupa batu yaang terukir, menandai istana kerajaan tersebut.

3. Kekaisaran Makedonia

Dalam sejarah, Kekaisaran Makedonia ada sejak 336-323 Sebelum Masehi. Kekaisaran Makedonia memang hanya berdiri selama 13 tahun saja namun kekaisaran ini termasuk salah satu kerajaan yang paling adidaya di dunia.

Sebelum menjadi sebuah kerajaan, Kekaisaran Makedonia pernah tunduk di bawah Kekaisaran Akhemniyah.

Kejayaan Kekaisaran Makedonia bermula ketika pimpinan bernama Raja Filipus II lalu Aleksander Agung.

Pada masa kepemimpinannya, Raja Filipus II berhasil menaklukan Yunani.  Pada saat masa kejayaannya, Kekaisaran Makedonia berhasil memiliki wilayah meliputi Asia, Eropa dan Afrika.

Aleksander Agung merupakan sosok pemimpin yang tangguh sehingga banyak masyarakat Makedonia yang menyebut dia sebagai “Dewa”.

Raja Aleksander Agung tidak memiliki pewaris takhta yang layak sehingga setelah dia wafat, jenderal memecah Kekaisarah Makedona menjadi beberapa provinsi untuk diperintah sendiri-sendiri.

4. Dinasti Qin

Sebagaimana, Dinasti Qin merupakan dinasti yang pertama dalam sejarah kekaisaran Tiongkok. Dinasti ini merupakan dinasti yang cukup lama berdiri yaitu sejak tahun 221 Sebelum Masehi sampai 206 Masehi.

Bahwa, Dinasti Qin menggunakan nama Qin karena wilayah inti berada di Qin, Gansu dan Shaanxi modern.

Dinasti Qin merupakan dinasti yang cukup kuat karena berhasil menguasai Dinasti Zhou dan enam besar dinasti lainnya.

Dengan demikian, wilayah dinasti Qin semakin luas. Dinasti Qin juga mampu meningkatkan perdagangan, agrikultur, dan keamanan militer.

Hal ini mereka lakukan dengan cara menghilangkan sistem tuan tanah sehingga tanah merupakan milik pemerintah dan pemerintah pusat memiliki kendali penuh terhadap rakyat.

Urutan Kerajaan Tertua di Indonesia Dan Kemegahan Istana

Berbagai kerajaan di dunia sudah berdiri sejak lama sebelum sebuah negara berdiri, termasuk Indonesia.

Wilayah Indonesia dulu pernah di kuasai oleh beberapa kerajaan. Namun kerjaan mana sajakah yang termasuk kerajaan tertua dengan peninggalan istana di Indonesia? Penasaran? Yuk simak ulasannya

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan paling tua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai yang terletak di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Keberadaan Kerajaan Kutai dapat di lihat dari peninggalan bersejarahnya yaitu Yupa yang berupa tujuh buah tiang. Yupa di gunakan sebagai tugu peringatan upacara kurban.

Istana Kerajaan Kutai Sebagai Kerajaan Tertua Indonesia (Foto:Kemendikbud.or.id)

Pada tiang-tiang tersebut terdapat tulisan bahasa Sansekerta dengan huruf Pallawa yang terpahat. Dari prasasti tersebut dapat kita perkirakan bahwa Yupa berasal dari tahun 400 Sebelum Masehi.

Masyarakat Kerajaan Kutai paling banyak menganut agama Hindu. Salah satu Raja yang memerintah Kerajaan Kutai yaitu Mulawarman.

2. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Trumanegara berdiri oleh Rajadirahaguru Jayasingawarman pada tahun 358-382 Maasehi.

Asapun, Kerajaan Hindu ini berada di tepi sungai Citarum yang saat ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Lebak, Banten.

Jayasingawarman adalah Maharesi atau seorang pendeta yang berasal dari Slankayana, India. Raja Jayasingawarman ke pergi ke Banten karena berusaha meloloskan diri dari serangan Kerajaan Manggada.

Kerajaan Trumanegara mengalami keruntuhan. Pada masa kepemimpinan Raja Sudhawarman. Pada saat itu terdapat raja-raja bawahan yang memerintah kerajaan sehingga pengawasan kurang dan pada saat yang bersamaan ada kerajaan lainnya yang memberontak yaitu Kerajaan Galuh.

3. Kerajaan Sriwijaya

Selanjutnya, Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang menganut agama Budha. Kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke tujuh Masehi.

Berikutnya, Kerajaan ini terletak di Sumatra Selatan. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim karena mampu mengontrol perdagangan di jalur utama Selat Malaka.

Sebagai kerajaan maritim, Kerajaan Sriwijaya memiliki hubungan yang erat dengan kerajaan lainnya di Jawa, Cina dan India.

Pendiri dari Kerajaan Sriwijaya adalah Raja Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Sejarah awal mula adanya Kerajaan Sriwijaya dapat kita lihat pada catatan I Tsing di prasasti Kedudukan Bukit.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Foto: Satujam)

Wilayah Kerajaan Sriwijaya cukup luas yaitu Sumatra bagian Selatan, Bangka Belitung dan Lampung.

Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan. Pada saat dipimpin oleh Raja Balaputradewa sampai Sri Marawijaya. Pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya menjadi penguasa utama jalur perdagangan antara Cina dan India.

Itulah berbagai ulasan mengenai kerajaan dan negara tertua di dunia dan menurut Islam. Meskipun memiliki versi yang berbeda namun setiap versi juga memiliki sejarah tersendiri.

Bahkan dalam versi masing-masing ada negara yang masuk ke dalam lebih dari satu versi. Misalnya Mesir, mesir masuk ke dalam negara tertua di dunia dan kerajaan tertua di dunia.

Layarkan Pinisi ke Bijaknya Ammatoa, Untuk Pilkada Bulukumba

Oleh: Elsa Kordana